Dampak di bidang Pendidikan Akibat Penjajahan Belanda Lengkap

Efek penjajahan Belanda di Sektor Pendidikan yg di terima rakyat Indonesia merupakan dibangunnya sekolah & diberikannya pendidikan bagi rakyat yg hasilnya melahirkan golongan terpelajar atau kaum intelektual belia maka mereka dapat mengetahui perkembangan di dunia luar. Pemikiran para golongan terpelajar atau intelektual bujang inilah seterusnya yg jadi cikal akan buat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia lewat perjuangan pergerakan organisasi.

Hasrat utk memperjuangkan kemerdekaan lewat perjuangan organisasi dikarenakan jiwa
nasionalisme itu nampak lewat
  1. Tumbuhnya organisasi mutakhir juga sebagai wadah perjuangan Indonesia sejak th 1908 yang ditandai lahirnya Budi Utomo.
  2. Lahirnya golongan terpelajar yg berasal dari penduduk Indonesia yg mampu menganalis ketertinggalan warga Indonesia atas negeri – negeri di dunia.
  3. Tumbuhnya kesadaran kebangsaan atau nasionalisme lewat momentum 1908 & 1920 yang puncaknya 17 Agustus 1945.
  4. Adanya perubahan strategi dalam mengusir penjajahan tak memakai kekerasan senjata, tapi berdiplomasi lewat organisasi mutakhir.
Pembahasan:
Pendidikan barat mulai
di terima bangsa Indonesia dari pemerintah kolonial Belanda sesudah lahirnya
kebijakan politik etis yg dikeluarkan oleh pemerintah colonial Belanda.
Politik Etis yaitu sebuah kebijakan yg menyebut bahwa kerajaan Belanda
lewat pemerintah kolonial Belanda memiliki tanggung jawab moral demi
kehormatan mereka buat membalas hutang budi atas ketajiran & kemakmuran yang
di terima Belanda dari tanah jajahannya yaitu Indonesia.
tetapi pendidikan barat yg diberikan terhadap penduduk Indonesia nyata-nyatanya disalahgunakan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia, di mana sekolah cuma diselenggarakan
buat anak -anak pegawai yg bekerja terhadap pemerintah colonial Belanda saja dan
pemberian pendidikan ditujukan buat mencapai lulusan rendah yg dapat diangkat
jadi pegawai rendahan terampil tapi bersama bayaran rendah.


Penyimpangan kebijakan Politik Etis dalam system pendidikan tersebut mampu dipandang kepada perbedaan kelas berikut ini.
  1. Sekolah kelas satu yakni husus ditujukan utk anak-anak dari golongan penduduk menengah yg sanggup membayar budget pendidikan, untuk anak-anak Eropa & orang asing yang lain didirikan sekolah yg cuma khusus utk mereka.
  2. Sekolah kelas dua ialah sekolah yg kusus ditujukan utk membina calon-calon pegawai rendah, muridnya berasal dari golongan warga biasa.
Berikut ini merupakan aspek – elemen yg melatarbelakangi lahirnya perjuangan pergerakan organisasi kebangsaan di Indonesia, yaitu:

Faktor Internal bangsa Indonesia, antara lain:
  • Meluasnya pembangunan sekolah – sekolah & acara pendidikan buat & oleh masyarakat Indonesia maka bersama adanya sekolah & pendidikan ini Indonesia mampu melahirkan kaum intelektual jejaka yg berhasrat utk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia lewat organsasi pergerakan
  • Kegagalan perjuangan yg bersifat kedaerahan menciptakan para intelektual belia ini mendirikan organisasi perjuangan yg bersifat kebangsaan.
  • Adanya Pax Neerlandica yang merupakan politik colonial Belanda utk mempersatukan wilayah jajahannya digunaka para cendikiawan Indonesia sbg propaganda pemersatu nusantara Indonesia dalam perjuangan pergerakan organisasi kebangsaan Indonesia.
  • Kejayaan Indonesia yg sempat di capai kepada musim lampau seperti kejayaan kerajaan Sriwijaya & Majapahit menciptakan cendikiawan Indonesia bersemangat dalam berjuang buat mewujudkannya kembali lewat perjuangan pergerakan organisasi kebangsaan Indonesia.
  • Adanya persamaan senasib sepenanggungan memperkuat kemauan buat berjuang melalui pergerakan organisasi kebangsaan Indonesia.
  • Timbulnya nasionalisme dibidang politik, sosial, ekonomi.
  • Semakin majunya sektor komunikasi & info bersama kemunculan bermacam surat kabar.
  • Adanya pengguanaan bahasa Melayu sbg bahasa pemersatu bangsa Indonesia.
  • Munculnya organisasiyang bersifat etnik, kedaerahan, pun keagamaan yg menginspirasi cendikiawan utk berjuang lebih gede lagi lewat pergerakan organisasi kebangsaan Indonesia.
Faktor Eksternal bangsa Indonesia, antara lain:
  • Munculnya paham-paham baru di dunia seperti komunisme, pan-islamisme, & lain sebagainya.
  • Kemenangan Jepang atas Russia yg membuktikan bahwa bangsa Asia pula mampu top atas bangsa Eropa.
  • Munculnya beragam aktivitas nasional dari negeri Asia yang lain seperti di India, Cina, & Filipina.

0 Response to "Dampak di bidang Pendidikan Akibat Penjajahan Belanda Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel